BERITA KAMPUS

BERITA KEMAHASISWAAN


BERITA KAMPUS

Seminar Pelatihan Penulisan Proposal Pengabdian Masyarakat


Posted on 02 Mar 2018 | 10:45 by Hafidz

 

Surakarta - Untuk meningkatkan kuwalitas dosen dan mendukung program pemerintah dalam pengabdian masyarakat yang dibebankan pada setiap dosen saat ini, maka STIKES ‘Aisyiyah Surakarta melalui pusat Pengabdian Masyarakat mengadakan pelatihan penulisan proposal pengabdian masyarakat, Sabtu (24/2). Bertempat di ruang seminar Siti Rufaidah Kampus 1 STIKES ‘Aisyiyah Surakarta kegiatan ini dikuti sebanyak 68 peserta, yakni 43 orang dari dosen internal dan sisanya adalah dosen dari beberapa kampus di eks-karisidenan Surakarta, antara lain dari STIKES Maba’ul Ulum, APIKES Citra Medika, STIKES Mitra Husada, STIKES PKU Muhammadiyah,STIKES Kusuma Husada,  dan Akademi Tehknik Warga (ATW), dan UNISA.

     Kegiatan yang dijadwalkan satu hari dimulai pukul 09.00 sampai dengan pukul 15.00 WIB selain membahas bagaimana cara penulisan proposal yang baik, dalam pelatihan ini peserta juga berkesempatan mendapatkan coaching langsung oleh narasumber yang juga dari Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Kemenristekdikti.

     Dalam laporan Ketua Pusat Pengabdian Masyarakat menyebutkan, motivasi dan respon dari dosen untuk menulis proposal  pengabdian masyarakat sebetulnya sampai saat ini sangat baik, pada khususnya di STIKES ‘Aisyiyah Surakarta sendiri sudah banyak dosen yang mengumpulkan proposalnya kepada kami. Namun menurut data kami, dari tahun-ketahun proposal yang lolos hingga ke Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Kemenristekdikti masih minim. Di tahun 2015 dari 7 proposal yang diajukan berhasil lolos 1 proposal, tahun 2016 dari 6 proposal yang kami ajukan lolos 1 proposal, dan di tahun 2017 kemarin kami mengirim sebanyak 8 proposal yang lolos juga 1 proposal. “ Dengan diadakannya kegiatan pelatihan penulisan proposal ini,  kami beharap menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan kemampuan menulis proposal para dosen agar lebih baik, sehingga mampu memotivasi dan nantinya di tahun 2018 ini dapat lebih banyak meloloskan proposal yang dikirim ke Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Kemenristekdikti” pungkas Rina Sri Widayati, SKM., M.Kes.

     Ketua STIKES ‘Aisyiyah Surakarta Riyani Wulandari, S.Kep., Ns., M.Kep. dalam sambutanya mengucapan selamat datang kepada seluruh peserta yang telah hadir. “Alhamdulillah peserta Seminar Pelatihan Penulisan Proposal Pengabdian Masyarakat kali ini jumlah peserta lebih banyak dari jumlah peserta Pelatihan Penulisan Artikel Nasional dan Internasional yang diadakan minggu kemarin”. Kegiatan ini adalah merupakan salah satu wujud komitmen dari STIKES ‘Aisyiyah Surakarta kepada Tri Darma Perguruan Tinggi, ketiga Tri Darma Perguruan tinggi ini adalah aspek yang sangat penting bagi STIKES ‘Aisyiyah Surakarta dan juga perlu untuk diapresiasi sama besarnya.

     Senada dengan apa yang disampaikan dalam laporan Ketua Pusat Pengabdian Masyarakat, Ririn sapaan akrab beliau menambahkan, kegiatan ini bukan hanya bertujuan untuk meningkatkan kuawalitas dan kuwantitas dosen dalam penulisan proposal pengabdian masyarakat saja, namun diharapkan juga mampu berdampak langsung pada penerapan di masyarakatnya yang perlu juga diperhatikan. “Kami berharap pada kesempatan dengan adanya pelatihan kali ini Ibu Yayuk sebagai mentor atau narasumber bisa memberikan pencerahan, membagikan ilmunya, tips dan trik kepada kita semua tentang bagaimana melakukan penulisan proposal pengabdian masyarakat yang baik dan benar, sehingga bisa meningkatkan proposal yang lolos hibah di tahun 2018”.

     Dalam pemaparanya Dr. Dra. Suparni Setyowati Rahayu, M.Si yang juga sebagai reviwer nasional tersebut menjelaskan tentang berbagai aspek mengenai penulisan proposal pengabdian masyarakat yang perlu menjadi perhatian bagi para dosen. Antara lain materi yang disampaikan yaitu pengelolaan program penganbdian masyarakat, pengukuran kinerja pengabdian masyarakat, strategi penulisan proposal, kiat memperoleh mitra, dan hal hal teknis lainya. Selain memberikan materi tersebut beliau juga me-review dan memberi arahan secara langsung kepada masing-masing peserta dengan contoh proposal yang sudah dibawa setiap peserta. Dalam review tersebut beliau banyak mengkoreksi tentang pemilihan tema dan judul program yang diambil sudah biasa dimasyarkat sehingga program yang diajukan kurang mengigit. Selain itu dalam bab penyusunan anggaran masih banyak ditemukan anggaran-anggaran yang tidak perlu dimasuka. “hal-hal mendasar seperti inilah yang menyebabkan banyak proposal tidak lolos hingga ke Dikti” terangnya. (Hafidz/IT)


SERTIFIKAT AKREDITASI

PENGUMUNAN

DOWNLOAD

AGENDA

 Nov 2017 
02

PPGD Prodi DIII Keperawatan
2 - 5 November 2017

 Nov 2017 
01

Sumpah Profesi Ners Angkatan Ke VII
1 November 2017

Selengkapnya...


JADWAL AKADEMIK
UTS Semester Ganjil 2017/2018
23 - 28 Oktober 2017

Selengkapnya...


Kontak Info

Alamat: JL. Ki Hajar Dewantara No. 10 Kentingan Jebres Surakarta

Kentingan, Jebres, Surakarta, Jawa Tengah INDONESIA

Jam Operasional : 07.00 - 14.00 WIB

No HP/WA : 0858-0331-2535

No. Telp : (0271) 631141

Facebook : stikes.aiska.official

Instagram : stikes.aiska.official

Youtube : www.youtube.com/stikes-aisyiyah

Email : info@stikes-aisyiyah.ac.id

Informasi

Kota Surakarta

PDM Kota Surakarta

Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah

Pangkalan Data Pendidikan Tinggi

Simlitabmas

Servis

Pusat Penelitian & Pengabdian



© Copyright - STIKES 'AISYIYAH SURAKARTA - 2017
Created By sumijanmuhi@gmail.com