02September2014

STIKES Aisyiyah Surakarta

Dasar Pemikiran

Nilai istimewa sekaligus 'tantangan' Perguruan Tinggi Muhammadiyah adalah tanggung jawab dan amanah penuh terhadap para mahasiswanya. Karena setelah lulus, mayoritas dari mahasiswa akan terjun langsung dalam ruang lingkup dakwah persyarikatan. Dengan kata lain, bila output-nya tidak sesuai dengan harapan, maka roda persyarikatan untuk mewujudkan masyarakat utama, adil dan makmur yang diridhoi Allah ta'ala akan mengalami hambatan serius.

Untuk mewujudkan munculnya mahasiswa yang memiliki keunggulan akademik dan moral, perlu reformulasi ilmu pengetahuan integratif. Oleh karena itu, untuk lebih mengartikulasikan perannya, perguruan tinggi harus berusaha mengembangkan konsep keilmuan dan moralitas. Pengembangan ini menjadi tidak berarti banyak jika tidak diimbangi dengan pengembangan hubungan organik antara iman, ilmu dan amal. Mengingat etos keilmuan tidak dapat dibangun hanya melalui pembelajaran secara formal dalam bangku perkuliahan saja, maka meniscayakan adanya wadah akademik yang memberikan ruang gerak bagi perkembangan akal dan moral, sehingga mendukung perkembangan intelektual dan spiritual. Untuk keperluan itu, integrasi model pendidikan perguruan tinggi dengan pendidikan Islam tradisional (pesantren) merupakan pilihan yang memadai. Perpaduan sistem pendidikan pesantren, yang mampu menanamkan nilai-nilai keagamaan dan budi pekerti dengan baik, dapat membantu Perguruan Tinggi untuk mencapai etos keilmuan yang mampu melihat hubungan organik tersebut. Untuk mencapai hal tersebut maka diperlukan strategi pengembangan kelembagaan yang mampu mewadahi sistem pendidikan tinggi dan pesantren. Berdasarkan filosofi ini, pendirian Ma’had 'Aly dirasa penting bagi upaya merealisasikan program integral yang sistematis, sejalan dengan cita-cita persyarikatan.

Filosofi Ma'had  

  •  Ma'had  merupakan lembaga pendidikan yang menitikberatkan pada pembelajaran ilmu-ilmu agama dan praktek pengamalan ibadah praktis.
  •  Ma'had  merupakan lembaga pendidikan yang berupaya mewujudkan sumber daya manusia (SDM) yang profesional dan berkarakter Islami.
  •  Ma'had merupakan lembaga pendidikan yang menitikberatkan pada pelestarian tradisi Islam yang kaya, yang bermuara pada Al-Quran dan Sunnah.